LMITD

Waspada Terhadap Ancaman Siber: Memperkuat Keamanan Akun IPB pada Hari Internet Aman 2024

ICT

Waspada Terhadap Ancaman Siber: Memperkuat Keamanan Akun IPB pada Hari Internet Aman 2024

Hari Internet Aman diinisiasi oleh projek EU SafeBorders tahun 2004 dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keamanan internet dan mengedukasi mereka tentang risiko-risiko yang terkait dengan penggunaan internet. Selain itu, kampanye ini  juga bertujuan untuk mempromosikan perilaku yang aman dan bertanggung jawab di dunia digital, serta untuk mendorong kerjasama antara individu, pemerintah, dan organisasi dalam upaya menjadikan internet sebagai tempat yang lebih aman bagi semua pengguna.

Ancaman siber di era digital makin marak terjadi. Berdasarkan data hasil monitoring keamanan siber Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada Agustus 2023 terjadi 78.464.385 serangan siber di Indonesia. Serangan siber juga berdampak pada akun IPB. Akun IPB yang terdampak serangan siber akan mengalami penguncian akun. Penyebabnya yaitu terdeteksi melakukan aktivitas illegal seperti mengakses situs ilegal yang tidak berkaitan dengan akademik menggunakan akun IPB, adanya upaya peretasan dan infeksi malware pada perangkat, dan penyalahgunaan akun IPB oleh pihak lain. Hati-hati! Penyalahgunaan ini dapat disebabkan oleh lemahnya password akun IPB ataupun password pernah diberikan kepada pihak lain.

Untuk menjaga keamanan akun IPB, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat, kombinasikan huruf besar, kecil, angka, dan karakter khusus. Selalu perbarui kata sandi secara berkala dan jangan bagikan informasi login Anda kepada siapapun. Aktifkan autentikasi dua faktor untuk lapisan keamanan tambahan. Periksa aktivitas akun secara teratur untuk mendeteksi tindakan mencurigakan. Hindari mengakses akun dari jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman. Jaga kerahasiaan informasi pribadi Anda dan waspada terhadap upaya phishing atau pencurian identitas. Selalu pasang antivirus dan melakukan update software pada perangkat. Dengan tindakan pencegahan ini, kita dapat menjaga keamanan akun IPB dengan baik.

Tetaplah waspada dan jaga keamanan akun IPB Anda dengan cermat. Lindungi informasi pribadi Anda seperti melindungi harta berharga. Keamanan adalah tanggung jawab bersama, mari jaga bersama-sama untuk memastikan integritas dan keamanan data IPB kita.

Happy Safer Internet Day!
Together for a Better Internet.