LMITD

Pekan Ubah Password Akun IPB

ICT

Pekan Ubah Password Akun IPB

Pekan Ubah Password Akun IPB untuk seluruh civitas IPB 16 – 23 Februari 2024. Wajib ubah password akun IPB jika tidak ingin terkena blokir otomatis.

Diwajibkan untuk dosen, tendik, dan mahasiswa maupun sivitas IPB yang bertanggung jawab terhadap Akun Unit Kerja dan Akun Organisasi.

Tahap ubah password dilakukan secara MANDIRI melalui laman https://apps.ipb.ac.id dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Ketentuan Password :

  • Panjang karakter minimal adalah 8
  • Terdiri dari angka, huruf, dan simbol
  • Tidak mengandung teks yang sama dengan nama akun

2. WAJIB menyertakan email alternatif non-IPB untuk keperluan ubah password.
3. Tenggat waktu ubah password adalah 23 Februari 2024 pukul 20.00 WIB. Jika TIDAK melakukan ubah password sampai waktu yang telah ditentukan maka sistem akan memblokir akun tersebut secara otomatis dan tanpa pemberitahuan.

Panduan lengkap terkait proses ubah atau reset password dapat diakses di website ICT melalui : https://ict.ipb.ac.id/pembuatan-id-ipb/

Mengubah password secara berkala adalah praktik keamanan yang penting untuk melindungi akun dan informasi pribadi Anda, Ingatlah untuk membuat kata sandi yang kuat, terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus dengan panjang minimal untuk password yaitu 8 karakter.

Bagaimana cara mengganti password ?
Bagi civitas akademika IPB (Mahasiswa / Staf) dapat mengunjungi https://apps.ipb.ac.id kemudian pilih menu Change Password
Apabila saya lupa password, apa yang dapat saya lakukan ?
Bagi civitas akademika IPB (Mahasiswa / Staf) dapat mengunjungi https://apps.ipb.ac.id kemudian pilih menu Reset Password dan nanti anda akan diarahkan untuk mereset password di email alternatif anda.
Bagaiman kalau saya lupa password, semisal saya belum atau lupa ada email alternatif?
Pilih menu reset password, inputkan identitas yang masih anda ingat (usename/nrp/nip) kemudian input data yang diperlukan. Jangan lupa, lakukan swafoto dengan menyertakan kartu identitas. Tunggu sampai ada email masuk dari admin untuk proses verifikasi.
Berapa lama tahap verifikasi email berlangsung dan bagaimana jika tidak ada email balasan masuk?
estimasi proses verifikasi email alternatif maksimal 3 x 24 jam. Silakan cek email alternatif anda secara berkala, selain di inbox email cek juga pada folder spam dan lain-lain.
Apa yang harus saya lakukan ketika proses ubah / reset password sudah berhasil?
Silakan lakukan proses setting ulang device anda (handphone /laptop) dengan melakukan forget wifi IPB-ACCESS lalu setting kembali wifi IPB-ACCESS.
Bagaimana cara melakukan proses setting ulang IPB Access?
silakan anda kunjungi laman https://ipb.link/connect-ipb-access. Atau jika anda terkendala, silakan meminta bantuan helpdesk kami yang berlokasi di gedung perpustakaan B lantai 1.
Apakah akun unit kerja juga memerlukan email alternatif jika akan melakukan proses Reset Password?
YA, akun unit kerja ( email unit, email jurnal, email organisasi, email event ) memerlukan email alternatif selain email IPB pada proses reset password.
Bagaimana cara mendaftarkan email alternatif untuk akun unit kerja?
silahkan mengisi link GForm berikut: https://ipb.link/emailalternatif-unit
Bagaimana saya mendapatkan info bahwa email alternatif saya sudah terdaftar?
Silakan cek email alternatif anda maksimal 2 x 24 jam setelah anda input data di Gform. Setelah itu, anda kunjungi kembali laman https://apps.ipb.ac.id dan lanjutkan proses reset password di menu "Reset Password"