LMITD

Museum dan Galeri IPB Future Rayakan Ulang Tahun Pertama dengan Pameran dan Kegiatan Edukatif

Museum

Museum dan Galeri IPB Future Rayakan Ulang Tahun Pertama dengan Pameran dan Kegiatan Edukatif

Bogor, 12 Januari – Serangkaian acara diadakan untuk memperingati ulang tahun Museum dan Galeri IPB Future yang pertama.

Acara dibuka dengan pameran “Memorabilia Dasawarsa IPB: Merangkai Perkembangan 10 Tahun IPB dalam Sepekan,” yang diselenggarakan mulai 12-31 Januari 2024.

pameran dasawarsa ipb

Untuk memeriahkan acara perayaan satu tahun kelahiran Museum dan Galeri IPB Future, 100 siswa dari “Sekolah Murid Merdeka” Kota Bogor diajak untuk mendengarkan dongeng “Tolong Selamatkan Aku” oleh Rahmah Zikra Utami, seorang pegiat dongeng Kota Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat generasi muda pada sejarah dan pertanian. Kegiatan kreatif bertema “Create Your Own” juga diperkenalkan kepada para siswa Sekolah Murid Merdeka.

Setiap siswa diajak untuk membuat gantungan kunci secara mandiri dengan stiker-stiker bergambar yang melambangkan setiap Fakultas di IPB. “Padi” untuk pertanian, “Kucing” untuk kedokteran hewan, “ikan” menggambarkan perikanan dan ilmu kelautan, serta berbagai bentuk stiker lainnya. 

gantungan kunci stiker

Dr. Syafitri Hidayati selaku Asisten Bidang Arsip Digital dan Pengelolaan Museum, Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) IPB University dalam sambutannya menyampaikan,“Jika diibaratkan usia pertumbuhan manusia, maka pada satu tahun ini, museum IPB University masuk pada fase berjalan. Selain itu arahan dan dukungan dari Rektor IPB University dan jajarannya turut berperan penting dalam pengembangan program di museum”.

Kepala LMITD,  Ir. Julio Adisantoso, M.Kom, memberikan apresiasinya atas pencapaian satu tahun Museum dan Galeri IPB Future, dan memberikan harapannya agar museum dapat menjadi rujukan pembelajaran pendidikan tinggi pertanian di Indonesia.

Dr. Alim Setiawan Slamet, Wakil Rektor bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, serta Prof. Deni Noviana, Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, turut menyampaikan ucapan selamat, apresiasi, serta harapan untuk perkembangan Museum IPB kedepannya. 

Dr Alim Setiawan Slamet menyampaikan harapannya untuk Museum IPB, “Kami ucapkan selamat ulang tahun Museum dan Galeri IPB Future. Mudah-mudahan semakin maju, semakin sukses, semakin banyak koleksinya, semakin hidup untuk memberikan inspirasi bagi seluruh warga IPB University, juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jaya selalu”.

Harapan untuk perkembangan museum kedepannya juga disampaikan oleh Prof Deni Noviana “Saya berharap Museum dan Galeri IPB Future dapat senantiasa memberikan informasi-informasi terkait dengan sejarah dan perkembangan IPB University serta visi perguruan tinggi ke depannya”.

Prof. Agus Purwito, Sekretaris Institut, berharap agar semakin bertambahnya usia, Museum IPB akan terus berkembang dan bermanfaat baik untuk tempat penyimpanan koleksi-koleksi lama yang penuh kenangan, maupun menampilkan kegiatan yang mengandalkan sistem informasi dan digitalisasi yang menarik.

Perayaan puncak ditandai dengan pemutaran video “Recap 1 Tahun Museum dan Galeri IPB” yang menyoroti pertumbuhan dan perkembangan Museum dan Galeri IPB Future selama satu tahun. Para tamu diajak untuk memaknai perjalanan selama satu tahun kelahiran museum, baik perkembangan experience untuk pengunjung maupun peningkatan jumlah kunjungannya. Museum dan Galeri IPB Future berkomitmen untuk terus menyajikan informasi yang berharga tentang sejarah dan masa depan pendidikan tinggi pertanian di Indonesia.